Sabtu, 30 April 2011

Book : Remember When by Winna Efendi


Baru baca (pinjem) buku a.k.a novel dari seorang temen. Novel ringan. Bisa abis (klo obsesi karena udah lama gak megang novel kayak gue) dalam 3 jam. Gak tau bisa dikategorikan teenlit atau bukan. Ceritanya lumayan ringan tentang kisah cinta, persahabatan masa SMA. Selain dialog-dialognya, gaya bahasa si penulis formal. Dan banyak quotes bagus bertaburan. Yah, jadi kita bisa sebut ini novel-remaja-yang-agak-lebih-berat-dari-teenlit. Bisa? Hehe..

Ceritanya ada dua pasang sahabat cowok dan cewek. Freya yang sobatan sama si Anggia a.k.a Gia dan Andrian yang sobatan sama Moses. Di awal cerita udah ada adegan taksir-taksiran co cweet gitu antara si Andrian-Gia, Moses-Freya. Dan 2 pasangan itu jadian deh. Hoho..

Cara penceritaan buku ini menarik deh. Lumayan kreatif. Jadi cerita dibagi-bagi ke masing-masing 4 sudut pandang si 4 karakter utama. Jadi kita bakal ngerti isi pikiran masing-masing si karakter. Gaya tulisannya juga ngikutin sifat masing-masing karakter. Misal si Andrian yang easy going, sporty, jago basket, dan ramah gaya bahasanya ringan dan agak informal. Moses yang pinter, ketua Osis, agak kaku, dan rasional, gaya nulisnya ya juga “Moses” banget berikut cara mikirnya. Lalu ada Gia yang kembang sekolah, cantik, jago ngelukis, tiap hari makan di kantin dengan geng-geng cowok yang ganti-ganti (bikin Adrian ribet ngajak makan siang), sama Freya yang sebenernya cantik juga sih.. tapi agak ketutup sama sifat dia yang introvert, pendiam, karena kehilangan Ibunya, tapi otaknya encer (dia dan Adrian ceritanya penghuni rangking umum ke1&2) dan punya selera musik yang gak disangka-sangka.

Gaya cerita yang kayak gitu jadi ngingetin sama novelnya Jodi Picoult yang "Sister’s Keeper" deh. Trus Banyaknya quotes yang bertaburan juga bikin inget sama “5 cm”nya Dhonny Dirgantoro. But however, Winna Effendi has her own style. Lebih ringan dan lebih cewek kalo menurut gue. Hehe..

Nah.. Karena sobatan semua. Mereka juga jadi sering double date gitu. Dan everything looks fine sampai 2 tahun mereka masih bertahan sama pasangan masing-masing. Dan masing-masing pasangan ini karakter hubungannya juga beda. Secara ini novel remaja, pasti ketebak dong! Si Adrian-Gia yang lebih “rame” seringnya putus sambung tapi klo lagi adem ayem seringnya looks like perfect couple dan gak risih memperlihatkan public affection. Sedangkan Freya – Moses hubungannya setenang waduk yang gada ikannya. Hehe.. So Smooth.. Sampe si Erik temen deket Freya sedari SD yang ngerti dia banget bosen ngeliatin mereka gitu-gitu aja dan nyaranin Freya putus aja dari Moses yang sibuk setengah mati karena kegiatan Osisnya. Tapi Freya – Moses yang model pacarannya perpus – rumah – teras Freya – ngerjain PR bareng – dan sejenisnya, ngerasa fine-fine aja. (Di permukaan). Dalam hati Freya pengen hubungannya dengan Moses lebih berwarna... kayak Adrian-Gia (yang menurut Freya very happy couple according to cerita Gia yang selalu curhat sama Freya tentang Adrian). Nah lo!!

So, pasti udah pada nangkep ada isu affair.. Yak, oke, gue beberin aja.. Masalah mulai tumbuh. Pas gak sengaja ada masa – masa dimana Adrian – Freya berdua. Adrian ngerasa ada yang beda sama Freya. Selera music mereka ternyata sama, Freya ternyata bisa asik juga diajak ngobrol, dan dia ngerasa nyaman ama dia. Waow.. Bahaya.. Hehe.. Apalagi setelah nantinya Adrian mendapat musibah yang gak disangka-sangka, membuat dia lebih deket ama Freya karena merasa senasib dan merasa cuma Freya yang ngerti gimana rasanya dapat musibah kayak gitu. Hehe.. Ketauan gak ceritanya?

Endingnya, menurut gue, sooo klise dan kecepetan. Hehe.. Sori mbak Winna Effendi. Tapi dibalik itu gue suka banget dengan alur ceritanya yang berbeda-beda sesuai sudut pandang masing-masing tokoh. Bacanya enjoy n nyantai banget. Hal menarik lainnya justru gue liat pada tokoh karakter Erik yang gue kategorikan sebagai Peran-Pembantu-Yang-Gak-Keliatan. Sejujurnya karena gue ngerasa ni peran gue banget. Hehe.. bukan karena dia pendek, tapi karena dia sebenernya penting. Karakter si Erik yang sohiban banget sama Freya ini ngebantu banget bagi para pembaca untuk memahami Freya yang introvert bahkan sama perasaannya sendiri. Selanjutnya yang gue sadari menarik lainnya adalah kriteria cewek ke cowok tu basicly is the same. Iya gak si? Kita gak suka cowok ngebosenin. Haha.. Cewek tu gampang bosen dan kita pengen dimengerti (iklan lewat).. Bahkan untuk ukuran cewek kayak Freya, dia bisa suka sama cowok yang sedikit memberontak kayak Adrian. (Oke gue gak ngerti apa Freya suka ama ni cowok karena sifat pemberontaknya atau gak? Hehe)

Ni novel sebenernya hasil revisi novel Winna Effendi jaman dulu yang berjudul “Kenangan Abu-Abu” yang menurut gw covernya yang sekarang so much better dari yang dulu. Hehe.. Kalo aja, Kenangan Abu-Abu ditulis dan meledak pas jaman twitter kayak gini, gw jamin bakal banyak kata galau dan jadi TT sebagai novel galau. Karena, yes, ni novel ngubek-ngubek kegalauan para tokohnya. But somehow “galau-nya” in the good and charming way. Hehe (bahasa gw jadi gak indah gini dah, :p)

Oya, btw Quotes paling nempel dan ngena menurut gw adalah..

“Life is not the amount of breaths you take, it’s the moments that take your breath away” – The Hitch

Wow.. Ini quotes muncul ketika Freya lagi galau-galaunya sama perasaannya ke Adrian. Dan menurut gw kata-kata diatas ngejawab semuanya. Hehe..

Ehm, karena buku ini gw jadi penasaran juga deh sama buku-buku Winna Effendi lainnya. Ternyata bukunya udah sering gw liat di toko buku. Sering udah pengen gw beli karena covernya menarik. Tapi gak jadi-jadi (baca:kere). Hehe.. Di bawah ini salah 2 buku-bukunya Winna Effendi yang lainnya. Ada yang mau beliin? :p


1 komentar:

  1. Refrain bagus! gue udah pernah baca, kebetulan ada di perpus sastra kampus gue :DD

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...