Sabtu, 30 April 2011

Movie : Tanda Tanya/ “?”

“Masih Pentingkah Kita Berbeda”


Telat gak kalo gue baru nge-review film “?” sekarang? Siap2 ya!! Postingan ini bakal panjang!! ;)

Ini film buat pecinta film Indonesia, “kudu nonton”. Terlepas dari banyaknya pro-kontra sama ini film, menurut gue sih semuanya tergantung dari cara pandang kita aja selama menontonnya. Seperti kata seorang tokoh dalam film ini. . “ Saya gak pernah tau suatu umat yang rusak karena sebuah pertunjukan drama. Suatu umat rusak karena moralnya”. Setuju pak!! Kalo film ini mau di-banned, apa kabar tuh film-film hantu esek-esek yang mungkin menurut kalian lebih “bermoral” dari film ini sehingga masih pada gentayangan di Indonesia, hah? Ya gak? Hehe..

Okay! Enough chit-chat! Film “?” ini adalah karya film terbaru dari mas Hanung Bramantyo. Berlatar belakang kehidupan keluarga yang berbeda-beda. Dikelilingi, kelenteng, masjid, dan gereja. Karena background-nya berbeda-beda, gue agak gak ngeh juga siapa yang bener-bener actor utamanya. Yang jelas film ini dibintangin Revalina S Temat sebagai Menuk (btw, si Hanung seneng banget ya make Revalina di filmnya? :p), trus ada Agus Kuncoro sebagai Surya, Endhita sebagai Rika, Reza Rahardian sebagai Soleh, Rio Dewanto sebagai Ping Hen, sama Henky Solaiman sebagai Tan Kat Sun.

Lokasinya sendiri bertempat di Kota Semarang. Kota tua yang punya segudang sejarah. Setau saya di kota ini bioskop ama mall aja cuma 1 biji. Bener gak si? Sori kalo salah ya.. Tapi, setelah nonton film ini saya jadi pengen travelling ke Semarang deh. Hanung pinter banget nge-shoot angle-angle yang sadap dimata. Hehe..

Ceritanya sendiri tentang keragaman beragama dari latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Si Menuk yang muslimah dikisahkan bersuamikan seorang muslim taat yang sayangnya agak arogan yaitu si Soleh. Soleh sendiri pengangguran. Sementara Menuk kerja di restoran Cina milik Kat Sun yang punya anak si Ping Hen. Si Kat Sun diceritakan sebagai Konghucu yang taat namun toleran. Di restorannya, pegawainya yang muslim diberi waktu sholat dan dia membedakan cara memasak yang make babi atau yang haram dan yang halal. Kabarnya restoran yang dipake di film ini memang ada beneran di Semarang. Tapi gatau sih modelnnya toleran gini atau gak. :p

Nah, si Ping Hen ini dulu pernah punya “kisah” sendiri gitu sama si Menuk. Nah kebayang kan gimana perilaku si Soleh yang arogan ke Ping Hen yang walopun agak lebih diem tapi sama2 arogan.

Lalu ada juga Rika, seorang single mother pemilik toko buku yang tadinya muslim tapi baru saja menjadi Katolik. Dia “berteman” sama Surya, yang muslim, aktor gak laku alias figuran, dan sepanjang hidupnya kelihatannya bokek mulu. Rika sendiri membiarkan anaknya tetap Islam dan tetap mengajarkan amalan-amalan Islam pada anaknya. Agus Kuncoro yang bermain sebagai Surya disini jadi tokoh penghibur dengan tingkah-tingkah konyolnya. Tapi disini dia juga jadi tokoh “pro-kontra”. Secara karena bujukan Rika dan kekurangan duit, dia bersedia memerankan “Jesus” buat pementasan drama di gereja Rika.

Scene pas latihannya si Surya ni kocak banget deh. Apalagi dia latihan didalam mesjid (dia tinggal di masjid karena diusir dari kosannya). Dan kepergok ama si ustadz. Ustadznya disini digambarin orang yang toleran juga. Dia bilang pas Surya diskusi ama si Ustadz buat nerima tawaran untuk peran “kontroversial” ini atau gak, asal hatinya tetap muslim, ya gakpapa.

Overall, film ini berani banget karena ngangkat tema kayak gini dan beda. Banyak scene-scene yang bikin mikir, gerem dan mengharukan. Sempet juga ada adegan lucu. Ada lagu-lagu Sheila On 7 yang sempet jadi backsound-nya. Nostalgia banget dan saya ngerasa kok cocok banget ya sama settingan kota Semarangnya. Hehe.. Apa karena SO7 asalnya dari Jogja (loh?). Trus ada juga celetukan bahasa Jawa yang sempet keluar. Walaupun agak kaku sih menurut saya. Mungkin kalo yang bukan orang Jawa gak terlalu aware ya?

Oya, disini juga muncul Glenn Fredly loh! Dia jadi temen gerejanya Rika. Tadinya saya gak notice. Soalnya dia jadi agak gemuk (dan jadi mirip Keith Martin gitu) setelah lama gak keliatan di TV. Tapi ternyata aktingnya lumayanlah.

Yang sedap dipandang mata buat cewek-cewek tentunya si Rio Dewanto yang jadi Ping Hen yang awalnya jadi anak pembangkang karena gak mau ngurus restoran orangtuanya. Dan sama sekali gak toleran, gak seperti bapaknya, karena dibakar rasa cemburu sama si Menuk yang menurut dia memilih menikah sama Soleh hanya karena taat sama agamanya aja. Tapi entah kenapa aktingnya agak kaku trus pas marah agak gak pas aja ya?

Agus Kuncoro sudah saya sebut diatas. Kocak. Hehe.. Endhita sebagai Rika. Secara model ya.. Dia jadi single mother yang cantik dah. Lumayan meyakinkan aktingnya. Apalagi pas dia bilang “Saya pindah agama, bukan karena mendustakan Tuhan” Waahh.. Dan pas di gerejanya dia mendeskripsikan apa arti Tuhan bagi dia dengan “Tuhan itu Ar-Rahim, Ar-Rahman, ..(dan asmaul husna lainnya..)” mungkin karena dia ngertinya itu pas di Islam dulu ya?

Revalina S. Temat sebagai Menuk, aktingnya mirip-mirip kayak pas dia di Perempuan Berkalung Sorban. Tapi disini dia lebih “nrimo”. Reza Rahardian? Sebagai Soleh, saya gak bisa ngebayangin orang laen yang bisa lebih cocok jadi orang nyebelin kayak dia. Haha.. Sukses deh nyebelinnya. Eh, tapi taunya pas di ending dia kedapetan scene yang bikin dia kelihatan jadi orang baik gitu. Haha.. Tauk deh, tapi menurut saya kok jadi dipaksakan gini scene si Soleh jadi penyelamat? Seperti menyelamatkan image islam fanatik seperti Soleh. Mungkin Hanung takut dihujat ya? Sayangnya masih tetep banyak pro-kontra, mas! Peace! Hehe

Oya, karakter nyebelin yang ternyata bisa lebih nyebelin dari si Soleh jatuh sama Si Ibu Kos yang super duper nyebelin. Sumpah! Selamat, Ibu Kos anda mendapat Award Peran Ter Rese di film tanda tanya versi sabilablabla.blogspot.com. Hehe..

Hmm.. versi Peran dengan Akting Favorit buat saya jatuh ke Henky Solaiman sebagai Tang Kat Sun deh. Disini gue suka banget dengan acting si aktor veteran ini yang kayaknya bapak-bapak baik banget. Mengubah pandangan gue sama ras yang perannya dia maenin ini. Halah… Selamat Koko Tang Kat Sun. Hehe..

And.. Award untuk Peran Ter-Unyu gw kasi ke anaknya si Rika. Si Abi!!! Yang tembem keriting yang gue gatau nama aslinya siapa. (Ada yang tau?) Maaf ya dek. Tapi kamu unyu banget deh. Apalagi pas dia mengalami masa-masa bingung karena Ibunya pindah agama dan dia gak ngerti. Trus ngambek deh. Sarapannya dibawa kekamar.. Uuuhh.. Cute.. Hehe..

Oya. Kenapa film ini jadi pro kontra? Setelah riset kecil-kecilan, akhirnya gw ngerti alasan-alasan kenapa orang-orang dari berbagai kalangan kontroversi dengan ni film. Nih alasannya :

1. Para ulama merasa kalau film ini menyebarkan paham pluralisme dan syirik modern.

2. Paham pluralisme dianggap karena ini film dirasa telah menyatakan semua agama itu sama dan (mungkin) tuhan kita semua juga sama.

3. Soleh yang jadi Banser NU, bilang “akhirnya saya dapat pekerjaan”. NU sendiri gak suka dengan kata “kerjaan” ini. Menurut mereka menjadi Banser adalah panggilan hati dan bukan suatu profesi karena mencari duit semata.

4. Tokoh agama yang terlalu toleran juga jadi masalah. Contohnya si ustadz yang melerai perkelahian antara Ping Hen dan jemaat masjidnya, dan membiarkan si Surya mengambil peran Yesus. Dan si pastor gerejanya si Rika yang yang membolehkan Surya yang seorang muslim jadi Yesus. Dia bilang kata-kata yang saya suka yang saya kutip diatas tentang sebuah drama yang tidak akan menghancurkan moral umat. Mungkin menurut yang ngritik seharusnya tokoh agama gak boleh terlalu gak meihak kali ya?

5. Nah, ada pro kontra lagi tentang karakter non-muslim yang katanya terlalu toleran dan yang muslim ada yang terlalu fanatik. Dan katanya menjelekkan image Islam. Dan malah ada yang nanya si Hanung yang bikin film ini muslim bukan si? Kok bikin film kayak gini? Contohnya si pastor itu, sama si Rika, dia murtad tapi ngajarin anaknya niat puasa dan selalu nganterin ngaji anaknya. Yang ngritik bilang sosok murtad gak seharusnya seideal ini. Sementara ada Soleh yang aarogan dan agak berlebihan. Dan disini juga diceritain orangtua si Rika yang gamau ketemu si Rika setelah anaknya pindah agama. Kan ada juga karakter ustadz yang juga muslim yang toleran tuh? Iya, bener. Tapi katanya itu trik aja buat menghaluskan karakter muslim si Soleh yang terlalu berlebihan. Padahal dasarnya si Soleh cemburu aja sama Ping Hen.

6. Intinya pada bilang Si Hanung Bramantyo ini kurang riset dalam bikin film ini. Secara temanya controversial dan ditayangkan di Negara yang semuanya bisa dijadiin berita trending topic dari ulat bulu sampe polisi joget. Hehe.. Seharusnya riset dulu sampe bleketek. Tapi tetep semangat ya mas Hanung! Hidup sineas Indonesia yang anti horror esek-esek!! :p

Ya gitu deh. Kalo ada yang mau nambahin silahkan. Dan maaf-maaf kalo ternyata ada yang gak bener. Nah, komentar gue tentang di-banned-nya film ini ada di awal post ini aja ya.. gue gak mau komentar lagi. Hehe. Tapi Alhamdulillah gw tetep yakin ama keyakinan gue sekarang kok. Gue juga jadi lebih ngerti arti tenggang rasa antar umat beragama (PPKN bgt yak? :p) Pulang ke rumah setelah nonton ni film gue tetep sholat dan gak berpikir pengen ke gereja pas paskah kemaren tuh! Hehe..

Oya, film ini diberi judul “?”, karena emang belum ada judulnya loh! Dan ada sayembara buat ngasi judul film ini. Hehe.. Padahal filmnya udah tayang juga gitu ya? Taktik Marketingkah? No comment, fellas! Pokoknya, daripada lu pada nonton film hantu ngeseks, mending nonton film ini aja. Hehe.. Hidup Film Indonesia!!

Tambahan.. karna diawal posting gw udah ngutip quotes yg gw suka dari si Pastor/Pendeta (sori gw lupa dy pastor katolik atw pendeta protestan.. :p) Jadi biar balance kyk ni film gw kutip percakapan si Ustad ama Surya yg lagi mendalami peran Jesus-nya didalem masjid.

Surya : Ustad, gimana caranya biar dihormatin?

Ustad : Hmm.. Jangan minta dihormatin!!

Nancep banget, ustad!! :))

2 komentar:

  1. Halo! Posting juga nih akhirnya disini. Yap, gue udah nonton ? dan menurut gue film itu bagus banget. Secara setting udah bagus banget, dan dia pake nge-shoot keluarga Cina pula, ada Rio Dewanto pula, makin kinclong dah mata guaaaa *_*

    Over all, gue suka cara Hanung menyebarkan pluralisme di film ini. Dan gue akui selaku anak dari 2 keluarga berbeda, banyak pesan yang 'nyentil' gue banget.

    BalasHapus
  2. nokomeng ah buat pluralisme-ny.. :p tapi gw setuju ama si Rio Dewanto dan settinganny emang mantap bikin pengen k semarang!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...