Rabu, 14 September 2011

Soal Kain

Hei hei!! Lagi - lagi kali ini gue balik di sela-sela me-nugas.. hehe.. Soalnya ini udah gemes banget deh beneran. Postingan kali ini gue sengaja pake bahasa Indonesia (ala gue) biar "soal kain" ini orang asing yang nyasar kesini bakal lebih kecil kemungkinannya untuk ngerti aib bersama ini. Hehe..

"Soal Kain" ini bermula ketika ni awal-awal semester gue dapet mata kuliah 'Desain Nusantara'. Yah, intinya mah ini kuliah yang membahas kekayaan-kekayaan warisan budaya yang bisa diaplikasikan ke desain kita. Jadi biar kita nasionalis gitulah ceritanya. Nah, kebetulan tema semester ini adalah kain ikat celup a.k.a kain jumputan. (in fact, kayaknya tiap taun emang ngebahas jumputan deh. Soalnya gampang bikinnya.. hehe) Kalo yang mulai sd pas taun-taun 90an pasti pernah disuruh bikin jumputan pas pelajaran ktk, kan? (sotoy).

Jadi deh, mulai dari riset, laporan, nyari literatur.. gue berkutat ama si kain jumput ini. Masalahnya, guyss.. nyari literatur kain indonesia yang selain batik itu susaaahhh banget. Percaya deh.. Klo lw pengen mendalami pertekstilan Indonesia, jangan andalkan internet guys. (Jadi wonder, anak-anak yang kuliah di kriya tekstil tuh ilmunya dari mana ya??) Masalahnya gue yang google-minded ini (smirk) ngira, karena gue nyari kekayaan budaya sendiri, maka cukuplah mencari laman-laman web Indonesia. Pasti banyak dong, apalagi kemaren batik habis dicuri. Masa pemerintah gak aware sih buat sekedar bikin web pustaka kain Indonesia. Dan hasil husnudhan gue ini salah besar, coz I've got nothing except few pieces of articles *BIG sigh* Ini adalah ngenes pertama gue.

For info, gue memfokuskan diri untuk mengaplikasikan "kain ikat palembang atau kain pelangi" buat desain gue. Soalnya kain sasirangan udah umum banget. Tadinya mau make kain ikat toraja aja, tapi langsung mendem gara-gara liat ketiadaan literatur dimana-mana. (T.T padahal bagus banget tauk kain toraja!!)

Nah, ngenes kedua gue adalah ketika gue akhirnya berpindah mencari di media lain. Yaitu BUKU dong!! Jadilah, gue berburu buku dari mulai toko buku sahabat mahasiswa a.k.a Togamas, lanjut ke Gramedia, Gunung Agung, ampe toko-toko kecil di sekitaran surabaya. Ehm.. dan hasilnya gue dapet capek. Aja. Dikit banget buku-buku tentang kain ikat Indonesia. Satu-satunya buku yang gue dapet cuma yang ini.

ini pun ga fokus dan masih umum banget

Ini yang dapet temen gue. Tapi yang ini tentang tenun ikat. FYI, tenun ikat dan kain ikat beda, jadi kain jumputan palembang ga dibahas disini. Dan tambahan temen gue nemu buku ini di salah satu kios buku bekas dan diskon. Yang baru sepertinya sudah ga dicetak lagi.

Gue akhirnya pergi ke Periplus -yg jual buku impor itu loh-. Gue yakin banget disana emang biasanya ada buku beginian. Ya emang ada sih. Lengkap banget malah. Yang nulis orang asing juga malah. Haha (ketawa ngenes).. Sempet nekat mau beli, tapi keinget klo beli berarti gue ga bayar kos 1 semester plus gabisa makan 1 semester juga.. Hiks.. T.T

Yang ini yang paling lengkap. Lengkap-selengkapnya. Bukunya lebih tebel dari Al-Qur'an bok! Judulnya aja "Five Centuries of Indonesian Textiles" Gila aja gak tu, 5 abad?? Harganya $66.50 yang berarti hampir 700ribuan. Itu harga dari amazon.com, tapi gue inget banget pas liat langsung di periplus itu harganya lebih dari $100 dolar a.k.a 1 jutaan lebih!! *ngek* *mabok*

Kalo "Textiles of Southeast Asia: Tradition, Trade and Transformation" ini lebih murah. Hanya 500rbuan sajalah.. *Tess.. T.T* *mewek*

Nah, yang ini gak terlalu lengkap. Paling murah di jajaran buku-buku kain lainnya. Buku "Traditional Indonesian Textiles" ini cuma 300rbu-an aja kok *curr* *mimisan*

Masi banyak buku kain lainnya di periplus sana, tapi klo dijabarin semua gue mungkin bakal mati kehabisan darah. *lebay lu*

Ngenes selanjutnya adalah ketika gue menemukan laman ini (klik). Yang ternyata adalah blog punya seseorang-entah-siapa yang berasal dari si tetangga Malaysia yang ngulas tentang motif kain Palembang (yang ga ada di web-web Indonesia). Yang mereka sebut sebagai lamir. Ya apalah ga ngerti bahasanya. Sampai taraf itu gue masi belum ngerasa ngenes, tapi ketika gue mendengar latar lagu blog itu yang ternyata lagu tradisional degung Sunda. Beuuuhh.. Rasanya yah kayak.. (stop) Ya gitulah, ngerti sendiri kan.. Pas SMP gue pernah belajar karawitan Sunda dan pas SMA juga pernah ikut tim degung sunda, jadinya gue yakin ga salah denger (secara ada keterangan judulnya juga kalee cuy). Ga nyalahin sih, gue sendiri juga ga begitu ngerti asal muasal budaya kita. Di blog itu emang dibilangin kain pelangi itu dari Palembang juga. Dan yang jelas dia menyediakan literatur yang lebih baik dari negara si muasal kain itu. Yang jelas nyesek aja.. (mulai melow). Dan gempuran info dari negara asing ga cuma sampai sini. Karena gue akhirnya menemukan glosarioum yang lebih dari teramat lengkap (daripada web-webnya yg dari Indonesia yang jelas si) tentang segala macamnya Indonesian Textile yang ternyata adalah situs dari National Gallery of Australia. Nih situsnya (klik) Meeennn.. gila gak tuh?

Sebelumnya, gue ga pernah bener-bener ngerasain yang namanya kemirisan melihat gimana pemerintah "merawat" budaya-budaya kita. Tapi sekarang gue ga heran kenapa batik hampir dicuri.

PS:
  • Akhirnya posting yang agak guna. Yes!!
  • Oya, kalo tentang literatur, web atau buku ini ada yang keliru, kasi tau ya!!
  • Trus kalo ada yang tau dimana bisa cari buku tentang kain ikat khususnya kain ikat Palembang, kasi tau dong!! (bantu mahasiswa ngenes ini T.T)
  • Moga-moga ga ada kasus kayak Prita. Ini negara demokrasi toh? Kajur gue aja udah ganti! *eh

2 komentar:

  1. enaknyaa.. knp dulu pas gw kuliah ga ada mata kuliah yang bahas soal kain ya... T___T. salam kenal gw despro 2004

    BalasHapus
  2. bwt yg diatas : woaahh.. despro ITS?? hehe.. iya ni matakuliah desain nusantara. salam kenal juga!!

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...